Penyebab Benjolan Di Payudara Dan Penanganannya

Penyebab Benjolan Di Payudara Dan Penanganannya - Sering kali setaip wanita yang mendapat benjolan pada payudaranya mengalami rasa khawatir atau cemas yang berlebihan, dan itu wajar terjadi. Rasa khawatir tersebut membuktikan bahwa sesorang sangat peduli terhadap kesehatan.

Penyebab Benjolan Di Payudara Dan Penanganannya

Khawatir boleh saja, tapi jangan berlebihan dan segera cari informasi mengenai penyebab benjolan di payudara yang Anda alami dengan malakukan pemeriksaan kepada dokter atau layanan kesehatan terdekat. Sebelum Anda bergegas, adapun beberapa informasi penyebab benjolan di payudara di bawah ini yang perlu Anda ketaui, diantaranya : 
  • Kista Payudara, merupakan kantong berisi cairan yang tumbuh atau terbentuk didalam jaringan payudara sehingga menimbulkan benjolan yang terasa lunak saat diraba. Jika benjolan sudah berukuan besar bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit di payudara.
  • Perubahan fibrokistik, benjolan ini muncul akibat dari terjadinya ketidakstabilan hormon dan benjolan sering muncul disertai sakit pada saat wanita yang menderitanya datang bulan.
  • Fibroadenoma Mamae ( FAM ), yakni benjolan pada di payudara yang terbentuk dari lobus ( kelenjar pembentuk susu ) di sekitar payudara. Benjolan yang muncul tidak terasa sakit dan bisa bergeser pada saat ditekan dan lebih sering terjadi pada wanita berusia 20-30 tahun.
  • Infeksi bakteri seperti mastitis juga dapat menimbulkan benjolan yang terasa nyeri. Kondisi ini kerap dijumpai pada ibu menyusui. Infeksi terjadi ketika bakteri dari permukaan kulit Anda atau dari mulut bayi masuk ke saluran susu melalui puting. Baca juga perbedaan mastitis dengan abses payudara
  • Kanker payudara. Beberapa gejalanya adalah : Timbulnya benjolan kecil pada payudara atau di bawah ketiak yang berdiameter tidak lebih dari 2 cm, tidak menimbulkan rasa nyeri untuk penderita, keluar cairan putih seperti susu yang tidak berbau apabila ditekan, kulit payudara mengerut dan pori – pori kulit payudara menjadi kasar.
Baca Juga :

Dari beberapa penyebab tersebut Fibroadenoma Mamae ( FAM ) adalah penyebab timbulnya benjolan di payudara yang paling sering, penyakit ini bersifat jinak sehingga tidak terlalu berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya.

Namun Fibroadenoma Mamae ( FAM ) perlu diobati dan diwaspadai jika sudah menimbulkan benjolan dengan ukuran besar sehingga menimbulkan berbagai gangguan dan keluhan, dan operasi menjadi salah satu tindakan yang biasa dilakukan untuk menghilangkan benjolan tersebut.

Baca Juga :

Penanganan

Untuk penanganan pada penderita benjolan di payudara perlu dilakukan oleh seorang ahli untuk memastikan apa penyebab benjolan di payudara tersebut. Anda bisa konsultasi bersama medis untuk mengetahui penyebab dan penanganannya.

Adapun beberapa penanganan yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah, diantaranya : 
  • Konsumsi makanan bergizi secara teratur
  • Perbanyak minum air putih
  • Memiliki waktu istirahat yang cukup
  • Hindari stres
  • Tidak merokok
  • Gunakan bra dengan bahan yang nyaman, tidak terlalu ketat
Jika benjolan belum mereda, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui karakteristik benjolan, serta tes penunjang yang diperlukan seperti USG, atau biopsi.

Demikian informasi mengenai  penyebab benjolan di payuadara dan penanganannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesehalan dalam menulis kata atau mengartikan sebuah kata dan haraf bisa di maklumi. Semoga informasi ini juga membantu memberikan informasi yang Anda cari.

0 comments:

Post a Comment